Selasa, 18 Januari 2011

Optical Drive DVD-RW



Pioneer BDR-S05XLB



DVD-RW adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB. Format ini dikembangkan oleh Pioneer pada November1999 dan telah disetujui oleh DVD Forum. Tidak seperti DVD-RAM, DVD-RW dapat dimainkan di sekitar 75% DVD player biasa.
Keuntungan utama DVD-RW dibandingkan DVD-R adalah kemampuan menghapus dan menulis kembali sebuah cakram DVD-RW.
Menurut Pioneer, cakram DVD-RW dapat ditulis sekitar 1000 kali, sebanding dengan standar CD-RW. Cakram DVD-RW biasanya digunakan untuk tujuan backup, kumpulan berkas, atau home DVD video recorder. Keuntungan lain adalah bila ada kesalahan menulis, cakram masih dapat digunakan dengan cara menghapus data yang salah tersebut.
Pioneer BDR-S05XLB mengunggulkan kecepatan tulis pada 
keping BD-R maksimal hingga 12x. Meski kecepatan ini harus didukung oleh keping BD yang memadai, spesifikasi yang ditawarkan membuatnya aman untuk beberapa tahun ke depan.
Selain itu panjang gelombang laser biru-violet yang lebih pendek dibanding laser merah membuat sensor penyinaran lebih fokus sehingga menghasilkan tingkat presisi yang lebih baik (dengan daya tampung data yang lebih besar). Itu sebabnya keping pada teknologi Blu-ray mampu menampung data hingga 25 GB sampai 50 GB walau ukurannya sama dengan keping DVD. Sebagai perbandingan, data transfer rate pada BD yaitu 36 MBps sedangkan DVD hanya 11,08 MBps.

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer